Wagub NTB Serahkan Bantuan untuk Desa Wisata Tetebatu

Lombok Timur РPemerintah Desa Wisata Tetebatu dan Badan Pengelola Desa Wisata (BPDEWI) Tetebatu, hari Senin, 14 Maret 2022, menerima bantuan berupa 10.000 pohon, Ribuan Paving blok, 15 unit kursi roda dan tongkatnya, 10 unit Sepeda Gunung. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat didampingi Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Yusron Hadi  pada acara Deklarasi 3 pilar STBM yang di dihadiri oleh Sekda Lotim, Camat Sikur, Kades Tetebatu dan Ketua BP.DEWI serta Muspika setempat, bertempat di Lapangan Umum Tetebatu.

Bantuan ribuan pohon diterima oleh Sabli Kepala Desa Tetebatu, sedangkan kursi roda dan tongkat langsung diterima oleh Masyarakat penerima manfaat yaitu warga Tetebatu yang menderita lumpuh.

Sekretaris Daerah Lotim, H.M, Juaini Taofik mewakili Bupati Lombok Timur selaku tuan rumah dalam sambutannya menyebutkan, acara Deklarasi 3 pilar STBM ini karena Lombok Timur sudah terverifikasi oleh verifikator dari Provinsi NTB yang telah melakukan pemeriksaan ke seluruh wilayah Lotim, dengan membawa data dari BAPPEDA.

Pencapaian Vaksinasi dan 3 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. “STBM di Kabupaten Lombok Timur dibarengi dengan data-data akurat yang bisa dipertanggung jawabkan sesuai arahan dari Wakil Gubernur NTB,” sebutnya.

Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, dalam sambutannya memberikan pujian atas keberhasilan Kabupaten Lombok Timur yang telah menyelesaikan program-program Pemerintah baik vaksinasi maupun STBM. Meskipun penduduk Lombok Timur terpadat di NTB, tapi Pemerintah Lombok Timur bahu membahu menyelesaikan setiap Program Pemerintah.

Sehingga menurutnya, Lombok Timur siap menggelar 3 pilar STBM dan Kabupaten Lombok Timur merupakan terdepan dibanding Kabupaten lain yang ada di Pulau Lombok.

Ketiga pilar itu antara Lain jangan buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga.

Setelah selesai Acara Deklarasi di Lapangan Tetebatu, selanjutnya Wagub Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan H. Yusron Hadi Kadispar Provinsi NTB, meninjau Wisata Pancing bendungan Ulem-ulem. Di sana bertemu dengan Mariani, Ketua BP.DEWI Desa Tetebatu dan Ketua Pokdawis Green Rinjani sekaligus memberikan sumbangan 10 sepeda gunung dan ribuan Paving block untuk dimanfaatkan akses jalan menuju tempat Destinasi Wisata yang ada di Desa Wisata Tetebatu. Wagub juga menyempatkan diri untuk foto Selfie di lokasi Ulem-ulem. (Asbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *