Kemunculan Media Podcast Lebih Cepat dari Perkiraan

Oleh : Asep Barnara (broadcaster) 

Perkembangan Podcast di NTB terbilang cukup cepat. Hampir di setiap Kabupaten bermunculan, baik itu punya perorangan, maupun organisasi tertentu. Khusus di Kabupaten Lombok Timur, sudah mulai berkembang Radio-radio Swasta FM dalam materi siarannya menggunakan Podcast Radio Digital.

Podcast Radio digital ini menggandeng penyiar radio dalam siarannya yang biasa hanya bisa didengar lewat gelombang Radio FM. Namun kali ini bisa dilihat penyiarnya secara live melalui layar handphone atau layar TV, bahkan di Instagram. 

Jadi media Radio gelombang FM saat ini bisa mempunyai Double siaran yaitu melalui gelombang FM dan live digital (live streaming) melalui podcast. Sehingga Radio tidak ketinggalan dari TV bisa, dilihat juga penyiarnya melalui media sosial.

Melihat perjalanannya, sejak 2014, Podcast mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Hingga kini, Podcast menjadi salah satu media yang difavoritkan terutama di kalangan milenial.

Bukan menjadi rahasia umum lagi, media-media online juga berlomba-lomba memanjakan pembacanya dengan Podcast sehingga informasi terkini seperti live report suatu peristiwa bisa diketahui dengan cepat.

Tidak dipungkiri lagi bahwa kehidupan bermedia kian hari kian berkembang. Ditambah banyaknya jenis fitur media yang terus lahir seperti media online, media sosial, buku digital, youtube, hingga radio digital.

Format siaran yang terus berkembang tersebut, Podcast menjadi salah satu inovasi bermedia yang cukup bisa diterima di era milenial seperti sekarang.

Menurut The Telegraph, Podcast yakni fitur dengan isi sebuah acara berbasis audio, yang terdiri dari berbagai episode, dan dapat didengarkan secara online dan dapat pula diunduh dari internet.

Dalam prosesnya, Podcast merupakan rekaman asli audio atau video, di mana kita hanya perlu memilih untuk ingin mendengarkan suatu Podcast (siaran) dari siapa dan apa topiknya. Jika digambarkan Podcast mirip sebuah gabungan dari vlog youtube dan radio.

Konten Podcast dapat ditemukan di sejumlah aplikasi, antara lain Soundcloud, Anchor, Google Podcast, Podbean, Podcast Republic, Overcast, Pocket Casts, Stitcher, CastBox, Player.fm, Youtube. Karya anak bangsa seperti Inspigo hingga penyedia konten audio digital kenamaan seperti iTunes dengan Apple Podcast-nya dan Spotify.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa influencer yang sudah mulai melirik Podcast sebagai sarana edukasi masyarakat. Contohnya edukasi melalui platform Inspigo. Namun banyak pula yang menggunakan Podcast sebagai wadah untuk sekedar membagi pengetahuan dan pengalaman.

Perbedaan podcast dengan radio yang mendasar adalah waktu. Podcast tidak terikat dengan waktu untuk didengarkan layaknya program-program radio.

Tidak menutup kemungkinan Podcast akan menjadi salah satu media audio unggulan ke depannya. Podcast menjadi salah satu alternatif media yang bisa sangat digemari selain Youtube. Hal tersebut karena Podcast merupakan media personal dan memiliki nilai theatre of mind.

Radio dan podcast dilihat dari karakteristik, keduanya memang memiliki satu aspek yang sama yaitu memberikan informasi dan menghibur. Hanya saja, bagi pendengar radio mereka tidak bisa menentukan topik yang diinginkan lain hanya Podcast yang siap memberikan topik sesuai keinginan masing masing.

Itulah sebabnya, karena Podcast memberikan fitur yang lebih nyaman, menyesuaikan keinginan dari audien, maka mereka akan lebih betah dan menjadikan Podcast bukan hanya alternatif melainkan salah satu media favorit dalam mendapatkan informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *