Umum  

Tingkatkan Layanan di Lombok Timur, Pusat Kegiatan Yayasan Lombok Care Kini Hadir di Pringgasela Selatan

Lombok Timur – Lombok Care adalah Yayasan yang bergerak di bidang kemanusiaan, pendidikan dan sosial yang didirikan Sejak Januari 2008 di Belanda. Pada tahun 2012 Lombok Care berdiri di Indonesia yang dipusatkan di Desa Sandik Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Yayasan Lombok Care ini didirikan oleh Mindie Melanie Schreurs perempuan keturunan Belanda-Indonesia

Melanie menuturkan kepada media ini, bidang kegiatan Lombok Care yaitu Kemanusiaan, Sosial dan Pendidikan khusus untuk anak-anak disabilitas usia dini di Lombok dan beberapa dari pulau Sumbawa. Untuk disabilitas, fokus kegiatannya pada terapi kepada anak-anak Tuna Netra,Tuna Rungu dan Tuna Daksa. Selain terapi, beberapa kegiatan yang sedang berjalan saat ini di antaranya adalah Edukasi, Advokasi, Vocational, Outreach, dan bantuan sosial.

“Saat ini layanan kita hanya di Lombok. Mudah-mudahan ke depannya dampaknya lebih luas dan semoga banyak orang bisa mengikuti gerakan kita ini. Dari awal sampai saat ini kurang lebih 500 orang anak yang sudah kita bina,” terang perempuan blasteran itu.

Pada tahun 2013 lalu Lombok Care mendirikan SLB (Sekolah Luar Biasa) di Desa Sandik Kecamatan Batu Layar. Selain pendanaan yang bersumber dari Yayasan yang di Belanda Lombok Care juga sudah mulai menerima bantuan dari Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan berupa dana BOS.

“Kita membuat SLB juga di Sandik. Mulai 2013 kita mulai menerima dana BOS juga,” ungkapnya.

Pada bulan Agustus 2022 ini Lombok Care hadir membuka cabang kegiatan di Lombok Timur tepatnya di Desa Pringgasela Selatan Kecamatan Pringgasela yang bertujuan supaya lebih dekat dengan anak-anak Disabilitas yang ada di Lombok Timur. “Ini sebetulnya harapan dan doa dari orang tua yang sudah kita layani selama ini karena dari Lombok Timur banyak. Ada yang dari Sembalun juga, kasihan jauh untuk datang ke Sandik,” terangnya.

Melanie juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB dan keluarganya atas diberikannya tempat untuk pusat layanan di Lombok Timur.

“Alhamdulillah Bapak Kadis sosial Provinsi NTB dan keluarganya sangat support kepada kita. Seperti saat ini kita diberikan tempat miliknya untuk digunakan sebagai pusat layanan di Lombok Timur ini,” tuturnya.

Sementara itu pemilik bangunan tempat pusat kegiatan Lombok Care yang ada di Lombok Timur H. Pahrur Rozi menyambut baik atas hadirnya Yayasan tersebut di tengah Masyarakat Lombok Timur. Ia juga memberikan penggunaan bangunan milik pribadinya secara gratis sebagai bentuk dukungan sosial terhadap Yayasan Lombok Care.

Ia berharap dengan hadirnya Yayasan tersebut bisa memberikan pelayanan kepada khususnya para penyandang disabilitas yang ada di Lombok Timur. Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif untuk mendukung program dari Yayasan tersebut.

“Saya sangat menyambut baik hadirnya Yayasan sosial ini di tengah-tengah Masyarakat kita. Semoga dengan kehadiran Yayasan ini bisa membantu anak-anak kita khususnya penyandang Disabilitas,” ungkap pengusaha yang akrab disapa H. Pah itu. (Al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *