Umum  

Meriah. Ribuan Pengunjung Padati Pembukaan MTQ XXIX 2022 Tingkat Provinsi NTB

Lombok Timur – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX tingkat Provinsi NTB resmi dibuka pada kamis malam (30/6) pukul 20.00 WITA. Sebelumnya juga pada siang hari digelar pawai ta’aruf yang dipusatkan di Selong yang diikuti oleh semua peserta MTQ dan sejumlah sekolah yang ada di Lombok Timur.

MTQ tingkat Provinsi NTB yang digelar mulai 29 Juni sampai 06 Juli 2022 kali ini diselenggarakan di Kabupaten Lombok Timur yaitu di lapangan Gotong Royong Masbagik sebagai venue utama. Ribuan masyarakat nampak memadati lapangan Gotong Royong Masbagik menyaksikan kemeriahan pembukaan MTQ XXIX yang diikuti oleh 10 kabupaten kota yang ada di NTB. Tak ketinggalan juga Gubernur NTB, para pejabat provinsi dan 10 bupati kabupaten kota yang ada di NTB juga hadir dalam kemeriahan malam pembukaan tersebut.

Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy dalam laporannya menyampaikan bahwa ada 6 kegiatan pokok MTQ XXIX yaitu, kesatu, malam ta’aruf yang diikuti oleh lebih dari 1000 peserta yang dilaksanakan rabu malam. Kedua, pawai ta’aruf yang dipusatkan di Selong pada kamis sore (29/6). Ketiga, malam pembukaan dan keempat musabaqoh sebagai inti dari kegiatan MTQ. Agenda kelima adalah sidang Pleno dewan Hakam dan keenam acara penutupan yang akan diselenggarakan pada rabu malam 6 Juli mendatang.

Adapaun cabang lomba yang diadakan pada MTQ XXIX kali ini adalah sebagai berikut: 

  1. Cabang tilawah golongan anak – anak,dewasa dan canet diadakan di Lapangan Gotong Royong Masbagik
  2. Cabang tilawah qiroatussab’ah di Masjid Agung Al-Mujahidin Selong
  3. Cabang tilawah Tartil dan Tahfidz Al-Qur’an golongan satu dan lima jus di Masjid At-Taqwa Pancor
  4. Cabang Tahfiz Al-Qur’an golongan 10, 20 dan 30 juz di Masjid Al-Akbar Masbagik
  5. Cabang tafsir Al-Qur’an golongan bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris di Masjid Jami’ Anji Ma’ra Dasan Lekong.
  6. Cabang Fahmil Quran dan Syarhil Quran di Gedung Wanita Selong
  7. Cabang Tashil Quran golongan naskah hiasan mushaf dan dekorasi di BLK Lombok Timur
  8. Cabang karya tulis ilmiah Al-Qur’an KTIQ di BLK Lombok Timur

Bupati berharap semoga pelaksanaan MTQ XXIX ini agar berjalan dengan aman sukses dan mampu menggugah kita membaca, menghapal dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an untuk kehidupan sehari-hari.

“Alamat di warkah tertulis indah, adat tradisi berdiri kawal negeri. Selamat bermusaabaqah untuk segenap kafilah, raih prestasi harumkan nama diri dan nama negeri,” tutupnya.

Sementara itu Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dalam sambutannya berpesan kepada para dewan hakam agar bersifat adil dan tidak ada kecurangan.

“Kita tidak ingin akan lahir juara MTQ Tingkat Provinsi, Tingkat Nasional, Tingkat Dunia tetapi keberhasilan menjadi juara akan menyakiti batin kawannya yang lain. Menjadi juara MTQ tidak ada gunanya dilandasi kecurangan. Menjadi juara tidak ada gunanya toh untuk juara kita menghadirkan ketidak benaran,” pesan orang nomor satu di NTB ini. (Al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *