Umum  

Banjir Bandang di Kecamatan Alas Sumbawa Rendam Lima Desa

Sumbawa – Hujan deras mengguyur Wilayah Desa Marente, Desa Kalimango, Desa Dalam, Desa Juran Alas dan Desa Luar Kecamatan Alas kabupaten Sumbawa, pada hari Senin sore tanggal 14 Februari 2022 jam 16.00 WITA.

Hujan deras disertai angin tersebut mengakibatkan banjir bandang yang meluas di Kecamatan Alas. Demikian disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, Muhamad Nurhidayat.

Menurut Muhamad Nurhidayat, hal tersebut disebabkan oleh terbentuknya awan Cumulonimbus di wilayah tersebut, sehingga mengakibatkan tingginya intensitas hujan dan banyaknya lahan tandus akibat penebangan liar sehingga mengurangi intensitas penyerapan air.

“Banjir ini juga disebabkan banyaknya penumpukan sampah dan sedimentasi di area aliran sungai yang mengakibatkan terjadinya pendangkalan dan penyumbatan aliran air sungai, tersumbatnya aliran irigasi sehingga mengakibatkan luapan air yang membanjiri permukaan jalan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Nurhidayat mengatakan Banjir tersebut menggenangi sebagian pemukiman warga terutama di bantaran sungai di wilayah di beberapa desa di Kecamatan Alas. Tim BPBD bergerak langsung menuju lokasi kejadian dan membawa bantuan logistik sementara.

Banjir bandang tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa namunĀ  satu jembatan yang di kenal oleh masyarakat di sana bernama Jembatan Cinta di Desa Luar Kecamatan Alas terputus. (Asbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *