Soal Tetebatu Tak Menang di UNWTO, Yusron: Jangan Berkecil Hati, Tetap Bangga

H. Yusron Hadi, Kepala Dinas Pariwisata NTB

Mataram – United Nation World Tourism Organisation (UNWTO) resmi mengumumkan pemenang dalam ajang Best Tourism Villages 2021 pada Kamis 2 Desember 2021 kemarin.

Dalam pengumuman tersebut, Desa Wisata Nglanggeran, salah satu wakil dari Indonesia dinobatkan menjadi Desa Terbaik Dunia versi UNWTO.

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengirimkan tiga desa mewakili Indonesia dalam ajang Best Tourism Villages (BTV) tersebut.Tiga desa itu di antaranya Desa Nglanggeran dari Yogyakarta, Desa Tetebatu dari NTB dan Wae Rebo dari NTT.

Meskipun Desa Wisata Tetebatu, Nusa Tenggara Barat (NTB) tak masuk menjadi pemenang dalam ajang tersebut, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, saat dimintai komentar oleh awak media ini, menjawab dengan mengajak kita berbesar hati dan menunjukan sikap bijak.

“Jangan berkecil hati, tetap bangga bahwa telah bisa mewakili negara dalam ajang dunia di lomba UNWTO. Esensinya kan, bagaimana desa wisata yang berlomba bisa lebih berbenah, lebih terkenal dan makin memberi manfaat dengan kehadiran pengunjung meningkat,” terang Yusron melalui sambungan telephone, Jumat (3/12).

“Dan seperti sekarang, apa yang terjadi di Tetebatu, sudah dapat itu,” lanjut dia.

Namun kendati demikian, ia berharap ke depan desa-desa wisata di NTB pada ajang-ajang yang lainya, baik dalam skala Nasional ataupun Internasional semoga lebih sukses dari sebelumnya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada desa-desa di NTB untuk terus berbenah dan mengembangkan potensi yang ada. Apalagi, lanjut dia, dalam waktu dekat akan ada perhelatan event MotoGP dan event lainnya. Desa-desa di NTB bisa terintegrasi dengan event-event tersebut. Sehingga ada manfaat yang dirasakan.

Mewakili Gubernur Nusa Tenggara barat, ia mungucapkan terima kasih kepada semua pihak atau stakeholder terkait yang telah ikut mendukung Tetebatu dalam ajang Best Tourism Villages UNWTO ini. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *