Seni  

Semarakkan Bulan Kemerdekaan, Komunitas Seniman Akan Gelar Apel Bendera

Lombok Timur – Bulan Agustus merupakan momen yang bersejarah bagi bangsa Indonesia yang merupakan hari kelahiran Republik Indonesia 77 tahun silam. Selain upacara kenegaraan peringatan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus, banyak rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan tersebut. Baik dari kalangan pemerintah maupun berbagai komunitas tidak mau ketinggalan dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik tercinta. 

Para seniman Lombok Timur (Lotim) tidak mau ketinggalan. Mereka juga ingin ambil bagian dalam menyemarakkan momen sakral tersebut. 

Para seniman asal Lotim tersebut berinisiatif untuk mengadakan upacara bendera pada Rabu, 17 Agustus 2022 mendatang yang mana kecamatan Masbagik dipilih sebagai tempat pelaksanaan upacara tersebut. 

Penyelenggaraan acara yang bertajuk “Apel Seniman Lotim” ini diinisiasi oleh beberapa komunitas seniman di antaranya Komunitas Pekerja Seni dan Industri kreatif (KOMPENI) dan Lotim Music Community (LMC).

“Ini adalah suatu hal yang bersejarah di Lombok Timur. Untuk pertama kalinya para seniman akan melaksanakan Upacara 17an secara bersama-sama,” ucap Heri selaku Sekretaris Panitia.

Anggota KOMPENI ini juga menambahkan kegiatan tersebut akan menjadi langkah awal untuk bangkitnya semangat para seniman Lombok Timur  yang beberapa saat ini terkesan slow motion dan kurang menampakkan diri. 

“Kami juga para musisi khususnya dan umumnya seniman kurang mendapatkan tempat di mata Pemerintah Daerah. Tapi kami ingin tetap berkontribusi terhadap tanah air dengan cara yang kami bisa dan mampu. Salah satunya dengan acara ini yang menurut kami sebagai bentuk simbolik,” lanjut Heri.

Senada dengan Heri, Fadly selaku Ketua Panitia mengatakan apel ini merupakan salah satu cara para seniman menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah.

“Kami para pegiat seni perlu diperhatikan juga. Melalui apel ini kami berharap acara yang kami selenggarakan ini sampai kepada telinga Pemerintah Daerah,” ucap Fadly.

Salah satu pendiri LMC ini juga menambahkan, bahwa seniman butuh wadah untuk berkreasi. “Sudah saatnya seniman dirangkul untuk memajukan daerah,” jelasnya.

Upacara Bendera yang para seniman Lotim akan selenggarakan ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2022 di Kecamatan Masbagik dan dirangkai dengan acara diskusi para seniman lalu dilanjutkan dengan jamming session. (HK)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *