Sejumlah Komunitas Peduli Sampah Gelar Kegiatan Bersih Sungai di Joben

Lombok Timur – Sejumlah Komunitas peduli sampah pada Minggu 6 Februari 2022, bergabung di acara River Clean Up bertempat di Joben Utara Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading Lombok Timur.

Beberapa komunitas peduli sampah seperti Lambur Community Masbagik, Lombok Ocean Care (LOC) Senggigi Lombok Barat, Joben Ever Green( JEG) Lombok Timur, Rinjani Mountain Expedition Team (RMET) Selong, Asosiasi Pendaki Gunung Indonesia (APGI) NTB, Lombok Homestay Indonesia ( LHA) Lombok, Association Experience Learning Indonesia (AELI NTB) mereka bergabung  dalam River Clean Up di Sungai Joben.

Christine Sakinah Nauderer asal Jerman, Ketua Lombok Ocean Care, mengatakan, sejak tahun 2019 Yayasan yang didirikannya sering mengikuti kegiatan Clean Up di berbagai Daerah di Pulau Lombok. Hal ini dilakukannya atas panggilan jiwa terhadap kepedulian lingkungan di kawasan Wisata terutama masalah sampah.

Seperti sekarang ini, Ia dari Lombok Barat datang ke Joben Lombok Timur untuk mengikuti Clean Up. LOC yang dipimpinnya sering membersihkan sampah di pantai-pantai, dengan snorkeling di laut. Memberikan contoh dan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya peduli terhadap sampah di sekitar. Seperti Moto Lombok Ocean Care “Buang Sampah Sembarangan? Memalukan.”

Ibu dari dua anak kembar ini usia 63 tahun, namun orang sering menyebutnya Baby face, karena di usianya itu kelihatan awet muda, masih sehat dan cantik. Ia sudah tinggal di Lombok selama 30 tahun, dan bisnis yang ditekuninya saat ini yaitu mengelola Restoran di Senggigi Lombok Barat.

Bule satu lagi Joop Koopman, Warga Belanda tinggal di Sandik Lombok Barat. Ia sedang melakukan penelitian di bidang pertanian di Lombok Timur dan Lombok Utara. Ia juga sangat peduli terhadap sampah di kawasan wisata. Itu alasannya Ia ikut bergabung Clean Up di Joben.

Baiq Ainul Patiwi, peserta Clean Up dari Joben Ever Green, sebagai tuan rumah sangat bersyukur dengan kekompakan komunitas peduli sampah. “Mudah-mudahan ini sebagai contoh untuk generasi muda yang lain terhadap kebersihan. Bule saja sangat peduli sampah kenapa kita tidak,” harapnya.

Koordinator Joben River Clean Up Mirzoan Ilhamdi, mengatakan, River Clean Up atau bersih-bersih sungai bertujuan¬† untuk menjaga mata air tetap bersih dan menjaga hutan agar lestari. “Diharapkan generasi yang akan datang tetap menikmati keasrian hutan yang ada di pulau Lombok,” tegasnya. (Asbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *