Lombok Tengah – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyelenggarakan kegiatan Ngobrolin Branding Bedah Desain Kemasan (NGODING BEDA’KAN) bertempat di Raja Hotel Mandalika, Ahad (20/2).
Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf RI, Riwud Mujirahayu. Riwud menyampaikan bahwa program ini merupakan follow-up dari program Bedah Desain Kemasan yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2021 lalu.
Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat branding produk-produk UMKM di NTB sehingga dapat memberikan nilai tambah ekonomi yang lebih besar lagi, sehingga dapat bersaing di pasar domestik maupun internasional.
“Kita berharap melalui kegiatan ini dapat membantu UMKM NTB dalam menghadapi peluang dan tantangan yang akan ada di depan, terutama dalam event MotoGP yang akan segera hadir di Lombok,” harapnya.
Diketahui, terdapat 25 UMKM yang hadir dalam kegiatan ini, dimana seluruh UMKM yang hadir merupakan UMKM yang berhasil lolos kurasi dan memperoleh bantuan cetak kemasan yang sudah di redesain dan rebranding oleh Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) pada program BEDA’KAN Batch 7 di tahun 2021 lalu.
Kepala Dinas Pariwisata NTB, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Endah Setyorini menyampaikan terimakasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kemenparekraf RI atas terlaksananya kegiatan hari ini.
“Terimakasih telah memfasilitasi kegiatan pada pagi hari ini, semoga kegiatan ini dapat membantu meningkatkan pemasaran produk-produk UMKM NTB, selain itu kami juga berharap ke depannya terdapat juga kegiatan branding serupa untuk UMKM di sektor kriya,” jelasnya
Diketahui, kegiatan ini terdiri dari dua sesi, di mana sesi pertama diisi oleh Akbar Moujahid, pakar branding. Sementara untuk sesi kedua diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi dengan Menparekraf RI, Sandiaga Uno. (wan)