Bisnis  

Mursidan, Pengusaha Pupuk Organik yang Mampu Bertahan di Masa Pandemi

Lombok Barat – Tim massmedia jalan-jalan ke Gerung Lombok Barat tepatnya ke Dusun Egok Suka Makmur Kecamatan Gerung Lombok Barat. Lokasi yang tidak jauh dari Banyumulek ini ada tempat pembuatan Pupuk Kompos Organik dari kotoran ternak kambing/kascing. Jurnalis media ini diterima langsung oleh pemiliknya Mursidan, Jum’at (30/7).

Mursidan menjelaskan bahwa, Pupuk Kompos Organik yang dibuatnya mampu mengobati tanaman agar sehat, mengobati tanahnya yang rusak dan kering kerontang menjadi subur. Karena menurut pengalamannya selama ini, di dalam pupuk kompos kotoran ternak ini mengandung unsur makro dan mikro lengkap yang dibutuhkan semua tanah dan lahan.

Pupuk Organik ini dipergunakan untuk semua tanaman, seperti Padi, Jagung, Bunga, Palawija, Anggur, dan sebagainya.

“Cara penggunaannya sangat mudah,” kata Mursidin sambil mempraktekkannya. “Bisa langsung sebagai media tanam, ditaburkan, dicairkan, cukup simple,” katanya.

Mengenai bahan baku, Ia tidak kesulitan karena langsung dari kandang sekitar, lalu difermentasi sehingga siap menjadi pupuk organik yang super subur.

Kalau ada pemesanan berskala besar menurut Mursidan,¬† kadang-kadang Ia juga stock untuk bahan bakunya dari banyak peternak, dan ini sangat menguntungkan sebagai pemberdayaan peternak. “Saat musim Pandemi Covid-19 ini hanya dua sektor yang bertahan, Kesehatan dan Pertanian,” sebutnya.

Mursidan menambahkan, proses pembuatannya hanya membutuhkan waktu saja, pertama kita bikin bakteri sendiri dari obat-obatan yang dibeli di toko pertanian sehingga membentuk mikro dan makro dari tanaman, sehingga siap diaplikasikan menjadi pupuk organik yang disebut proses fermentasi.

Walaupun kami punya gudang skala kecil, namun chanel penjualan cukup luas untuk pemasarannya, selain on-line kami juga mengirim ke hotel-hotel, ke rumah bule-bule, lahan-lahan pertanian, Rumah Sakit Kota, perumahan-perumahan, dan banyak lagi yang lainnya,” tutupnya. (Asbar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *