Menikmati Indahnya Savana di Atas Bukit Dandaun Sembalun

Pemandangan di Kawasan Savana Dandaun Sembalun

massmedia.id, Lombok Timur РSaat ini, perjalanan menyusuri ruang sejarah wilayah Selaparang berbeda seperti biasanya. Sebelumnya saya memilih perjalanan ke tempat budaya dan kekayaan kuliner wilayah Selaparang ini.  Namun kali ini saya memang sengaja menyisir sisi timur surganya Lombok Timur. Di mana alam adalah tujuan utama, yang didukung oleh kekayaan hasil tani dan panorama yang bagi saya adalah maha karya Tuhan yang harus dijaga dan dinikmati serta kesopanan penduduk Sembalun dalam balutan adat-agama (Budaya dan Agama)

Saya meninggalkan dinamika hiruk pikuk  madya Lombok Timur sejenak dan bergeser ke sudut timur Kabupaten Lombok Timur ini dengan napak tilas sejarah perjuangan dan pemandangan alam yang lengkap, Bukit Savana Dandaun Sembalun. Selama satu jam 20 menit berkendara dari Masbagik, sawah hijau dan pepohonan yang rindang tersaji mulai dari desa Suela menuju Pusuk Sembalun dan kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Sepanjang perjalanan terasa udara yang segar, pepohanan yang melukiskan keseimbangan alam serta sawah dan perkebunan yang mengambarkan kesejahteraan memberi suasana alam yang sangat indah dan romantis menuju Bukit Savana Daun-aun Sembalun.

Bukit Dandaun adalah destinasi objek wisata baru yang hampir tiap hari dikunjungi para wisatawan dan pendaki. Ini karena keindahan alam yang langsung menyuguhkan kemegahan Rinjani dari area camp Savana Dandaun. Juga pemandangan di sepanjang perjalanan yang begitu menyegarkan mata memandang.

Bukit Savana Dandaun adalah tujuan wisata yang mulai popular di Sembalun. Hal ini tentunya karena lokasi yang mudah dijangkau bahkan oleh para pendaki pemula seperti saya. Ketinggian bukit yang relative mudah dijangkau menjadi alasan utama. Jalur pendakian Savana Dandaun tidak dibuka seketika tentunya. Ini berkat usaha serta kreatifitas pemuda setempat dalam mengelola wisatanya dan seiring waktu membuahkan hasil. Sekarang, Bukit Savana Dandaun menjadi salah satu objek pendakian paling ramai di Sembalun.

Setelah sampai di lokasi bukit savana Dandaun kita akan disuguhkan dengan segarnya udara yang dikombinasikan dengan hamparan savana hijau yang dikelilingi bukit-bukit di sekitarnya. Pemandangan dengan view Rinjani benar-benar menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Di tengah-tengah terdapat waduk serta mata air yang tidak jauh dari savanna. Berada di Savana Dandaun tidak kalah dengan suasana saat berada di Rinjani. (YMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *