Desa Masbagik Selatan Gagas Desa Wisata Alternatif Bekerja Sama Dengan DEWISNU Foundation

massmedia.id, Lombok Timur – Meski Desa Masbagik Selatan tidak termasuk dalam prioritas pengembangan Desa Wisata oleh Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten Lombok Timur, namun tidak diduga ternyata pihak Pemerintah Desa Masbagik Selatan telah mencanangkan 10 plus 1 kampung tematik guna menyongsong Desa Masbagik Selatan sebagai Desa Wisata Alternatif. 

Hal ini diungkap oleh Kepala desa Masbagik Selatan, Wiriyawan, sesaat setelah menandatangani MoU dengan Pihak Dewisnu Foundation atau Yayasan Desa Wisata Nusantara yang berkantor pusat di Bali. “Untuk gagasan 10 plus 1 kampung tematik ini kami telah bekerja sama dengan Yayasan Desa Wisata Nusantara yang kebetulan Kepala Perwakilannya adalah salah satu penduduk di Desa kami” ungkapnya. Adapun ke sepuluh kampung tematik ini adalah Kampung Kapuk, Kampung jamur,kampung kerupuk,kampung Jamur, Kampung Konveksi, Kampung Bengkel, Kampung Bawang, Kampung Perkambingan, Kampung Pendidikan, Kampung Tani dan Kampung Santri plus Kampung Toga Kesuma atau Tanaman Obat Keluarga Kesehatan Untuk Semua.

Lebih lanjut Kepala Desa Masbagik Selatan juga optimis gagasan ini akan menuai kebermanfaatan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Saya yakin inovasi ini akan bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya.

Lantas apa tanggapan beberapa pihak soal rencana ini? Di tempat terpisah awak media ini menemui tokoh pariwisata NTB Bung Taufan Rahmadi yang sering dijuluki Temannya Wisatawan untuk menanyakan soal gagasan Desa Wisata Alternatif.

Menurut Taufan Rahmadi bahwa apa yang dilakukan oleh Desa Masbagik Selatan ini dalam mencanangkan 10 Kampung Tematik untuk Desa Wisata Alternatif merupakan sesuatu yang menarik bahkan ini adalah sebuah inovasi. “Saya berharap para pengelola desa wisata dapat menghadirkan sesuatu yang berbeda di setiap destinasi untuk ditawarkan kepada wisatawan seperti yang dilakukan oleh Desa Masbagik Selatan ini,” harapnya. Yang terpenting menurut tokoh wisata halal ini adalah harus konsisten menjaga dan melestarikan destinasi dengan berinovasi. “Selamat untuk Desa Masbagik Selatan yang telah mencanangkan 10 Kampung Tematik untuk Desa Wisata Alternatif ” tukasnya di akhir wawancara.

Sedangkan pihak Yayasan Desa Wisata Nusantara telah menyiapkan beberapa rencana aksi untuk membantu Pemerintah Desa Masbagik Selatan terutama dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia baik melalui pendidikan dan pelatihan maupun dengan sistem magang di Beberapa Desa yang sudah maju di Indonesia. Hal ini diungkap oleh Sekretaris Yayasan Desa Wisata Nusantara, Agus Khairi, di kediamannya beberapa waktu lalu. “Yayasan kami akan membantu pihak desa lebih dominan dalam peningkatan kapasita SDM” tukasnya. (Yani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *