Tingkatkan Promosi Produk UMKM, GOW Lombok Timur Akan Gelar Bazar

massmedia.id, Lombok Timur – Pembatasan aktivitas untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 tak melulu menimbulkan dampak yang negatif. Bagi mereka yang jeli melihat peluang berwirausaha justru bernilai positif karena berpeluang membuka kesempatan untuk berusaha, utamanya dalam bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) yang juga Ketua Perhimpunan Wirausaha Wanita Indonesia (PERWIRA) Lombok Timur Hj. Kudsiah Rumaksi pun sigap melihat perkembangan ini dengan memprogramkan Festival dan Bazar UMKM. Kegiatan ini rencananya akan dilaksakankan tanggal 1 sampai degan 3 April 2021 di Pasar Bersih Masbagik. Tujuannya adalah untuk memberikan wadah bagi pelaku UMKM yang tergabung dalam GOW dan PERWIRA.

Pada rapat persiapan yang digelar Senin (8/3), Hj. Kudsiah menyampaikan salah satu yang menjadi tema bazar adalah “Bangkitkan Semangat UMKM dengan Bazar”. Tema tersebut sejalan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih mengharuskan setiap orang untuk berjaga jarak.

“Kegiatan ini bertujuan agar UMKM binaan tetap dapat memasarkan produk mereka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan protokol COVID-19. Serta mendorong pencapaian target pemasaran yang merupakan bagian dari kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu,” jelas Ketua GOW Hj Kudsiah Rumaksi.

Ia pun menerangkan sebanyak 23 peserta yang berasal dari Ormas Wanita di bawah binaan GOW akan berpartisipasi dalam Bazar. Selain itu Kecamatan dan desa serta UMKM Binaan juga akan terlibat.

Hj. Kudsiah berharap kegiatan ini dapat melebarkan jangkauan pemasaran dari tingkat wilayah, menuju jangkauan pemasaran nasional, hingga internasional. Di sisi lain juga sebagai ajang promosi penggunaan produk dalam negeri, khususnya produk Lokal Lombok Timur.

“Penyelenggaraan kegiatan ini dimaksudkan untuk menyediakan pemasaran produk, membudayakan penggunaan produk dalam negeri bagi masyarakat, agar mendapatkan efek untuk peningkatan omset bagi para UMKM,” terangnya.

Dalam Rapat Persiapan yang dilaksanakan di Sekretariat GOW, komplek Pendopo Wakil Bupati,  tersebut juga hadir  dari Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi dan UKM, dan Dinas Ketahanan Pangan.

Selain program bazar yang direncanakan ini, GOW juga juga sudah melakukan pembinaan UMKM dalam bentuk pengurusan perizinan dan pemasaran produk. Ke depan program ini akan tetap dilaksanakan agar pembinaan terhadap UMKM tetap berjalan secara berkesinambungan. (atikhz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *