Resmi Digelar, Masbagik Festival VI Diapresiasi Pemerintah Daerah

Lombok Timur – Event Masbagik Festival VI resmi digelar setelah dilakukan acara pembukaan yang dihadiri oleh sejumlah pejabat Provinsi NTB maupun Kabupaten Lombok Timur di Lesehan Bebaloeng Masbagik, Selasa (26/10). 

Meskipun rangkaian kegiatan Masbagik Festival VI sudah bergulir sejak pertengahan bulan Oktober ini, Event tahunan yang tahun ini sudah memasuki tahun keenam ini resmi dibuka kemarin sore (26/10). Acara yang bertempat di Lesehan Bebaloeng Masbagik tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DPMPD DUKCAPIL) Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Ashari, mewakili Gubernur NTB yang berhalangan hadir.

Selain Dr. H. Ashari, hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, Drs. H.M. Juaini Taofik, DPRD Provinsi NTB H. Machsun Ridwayni, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur Dr. H. Mugni, 5 Anggota DPRD Lombok Timur asal Kecamatan Masbagik, Sekretaris Camat Masbagik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya, Tokoh Pemuda, Pelaku dan Penggiat Pariwisata.

Pada saat pidato sambutannya, H. Ashari mengajak kepada Pelaku Wisata di Lombok Timur untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mendorong kemajuan Pariwisata di daerah ini. Salah satunya dengan berpartisipasi dalam memajukan Desa Wisata yang ada di Lombok Timur.  

“Bantu Bupati dalam membangun Desa Wisata yang ada di lombok Timur dengan sebaik-baiknya,” tegas Ashari.

Dikatakannya, diharapkan Event Internasional terbesar di Dunia yang akan dilaksanakan di NTB yaitu di Mandalika akan berimbas kepada semua Kabupaten yang ada di Provinsi NTB. Dan Kecamatan Masbagik, terang Ashari,  adalah salah satu lokasi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan event tersebut, salah satunya Superbike yang segera diselenggarakan di bulan November mendatang. 

Sementara itu, ditemui setelah Pembukaan, kepada awak media Sekda Lombok Timur H.M. Juaini Taofik mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mengapresiasi kegiatan Festival Masbagik VI. Di mana acara pembukaan Festival Masbagik diselenggarakan dengan sukses dan menampilkan semua kreasi dan potensi-potensi yang ada di Kecamatan Masbagik.

“Apresiasi yang sangat tinggi dari Pemerintah Daerah atas digelarnya Festival Masbagik VI. Banyak variasi-variasi lomba hampir semua potensi yang ada di Masbagik digelar di acara pembukaan,” terangnya.

Juaini Taofik menambahkan, Kegiatan Festival Masbagik juga dalam rangka menyambut Superbike, di mana Kabupaten Lombok Timur sebagai Daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). “Saat ini telah hadir lesehan dan restoran Bebaloeng Masbagik sebagai tempat salah satu Amenitas yang menjadi sarana dan prasarana Wisata,” ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan Festival Masbagik ini, imbuh Sekda, menambah hasanah atraksi atau pertunjukan wisata budaya yang ada di Kabupaten Lombok Timur. 

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Mirzoan Ilhamdi, mengatakan, Kegiatan Festival Masbagik VI melibatkan semua OKP yang ada di Kecamatan Masbagik. Di mana kegiatan Belanjakan adalah sebagai icon dan salah satu dari rangkaian kegiatan Festival Masbagik.

“Event Festival Masbagik VI dikemas bersama seluruh OKP yang ada di Masbagik. Di mana kegiatan tersebut semua OKP yang ada di Masbagik mengambil peran di semua kegiatan yang bergabung di Kegiatan Festival Masbagik,” terang Ketua Lambuur Community ini.

Pemandu Gunung Senior yang akrab dipanggil Ming tersebut menambahkan, kegiatan Festival Masbagik sebagai salah satu Atraksi Wisata di Kabupaten Lombok Timur, di mana event tersebut sebagai pasar atau market untuk pelaku wisata.

Dalam kegiatan Festival Masbagik Selain Belanjakan, ada beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan di antaranya Seminar Budaya, Lintas Alam, Kontes Kicau Kecial Kuning dan Kontes Band Pelajar. Menurut keterangan Panitia, Anggaran kegiatan Festival Masbagik tersebut dari dana Aspirasi 5 Anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur yang berasal dari Kecamatan Masbagik. (HH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *