Mau Liburan dengan Hemat? Berikut 7 Tipsnya

Tentu setiap orang berhak untuk liburan bukan hanya orang-orang berduit saja. Untuk itu sebelum merencanakan liburan sebaiknya kita tentukan dulu daerah mana yang akan kita tuju.

Beberapa daerah wisata di Indonesia bisa kita kunjungi dengan anggaran yang tidak terlalu tinggi dan sangat layak untuk dikunjungi. Seperti pulau Lombok yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya, mulai dari pantai, pedesaan, dan hutan gunung memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjungnya. Lebih-lebih saat ini, Lombok yang sebentar lagi menjadi tuan rumah penyelenggaraan event MotoGP.

Ada baiknya pilihan tujuan liburan anda kali ini adalah Pulau seribu Masjid. 

Tapi sebelumnya simak dulu beberapa Tips Liburan murah ke Lombok berikut ini:

  1. Ketersediaan Anggaran

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah berapa dana alokasi liburan yang kita punya. Sehingga jauh hari sebelumnya kita bisa merencanakan pengeluaran yang akan kita gunakan selama liburan. Ini dimaksudkan agar tidak over dalam penggunaannya.

2. Tentukan Waktu

Di sini kita harus jeli untuk menentukan kapan waktu yang kita rencanakan. Sebaiknya jangan pilih pada saat peak season atau high season karena semua destinasi biasanya dipenuhi wisatawan. Sebaiknya lakukan pada saat low season  (Januari – Mei), biasanya wisatawan mulai berkurang sehingga kita bisa bebas explore objek wisata tujuan kita

  1. Atur Jangka Waktu Kunjungan

Dengan menentukan lama kunjungan kita bisa hitung berapa anggaran yang kita keluarkan untuk transportasi, akomodasi, makanan dan lain-lain. Sehingga akan lebih terencana dengan baik dan menekan pengeluaran yang lebih besar.

  1. Pilih Transportasi yang Akan Digunakan

Tentunya sebelum melakukan liburan ke luar daerah, kita harus tentukan dulu moda transportasi apa yang akan kita gunakan untuk menuju daerah tujuan wisata.

Kalau kita ingin menggunakan pesawat sebaiknya lakukan pemesanan jauh hari sebelumya tentunya akan lebih murah.

Menggunakan kapal laut tentu lebih murah lagi ketimbang menggunakan pesawat. Akan tetapi waktu yang kita habiskan di jalan lumayan lama. Tapi tidak ada salahnya bagi anda yang punya waktu panjang dan menikmati petualangan sangat disarankan menggunakan transportasi laut.

 Setelah kita berada di daerah tujuan kita harus cari tahu dulu apa yang kita bisa gunakan untuk menuju objek wisata yang akan kita kunjungi.

Misalnya, dari bandara ke tempat kita akan menginap atau ke objek wisata tujuan, kita bisa menggunakan bus DAMRI dengan ongkos yang relatif murah atau kita bisa sewa mobil sekaligus sopir dan pemandu untuk beberapa hari dengan cost yang tidak terlalu tinggi.

  1. Cari Akomodasi Murah

Tidur yang nyenyak dan nyaman bukan hanya di hotel berbintang atau di resort mewah, akan tetapi banyak penginapan yang mampu memberikan suasana nyaman dan romantis tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Misalnya homestay yang disediakan oleh penduduk lokal yang pelayanan dan view yang di tawarkan tidak kalah dengan hotel berbintang.

Homestay-homestay ini bisa kita pesan jauh sebelumnya dengan harga berkisar antara 250-350 ribu rupiah melalui platform OTA.

  1. Cari Makanan yang Murah

Tentu setiap daerah di Indonesia mempunyai aneka ragam kuliner yang layak untuk dicicipi. Tidak ada salahnya ketika kita sedang liburan untuk mencoba aneka masakan lokal. selain rasa yang enak, biasanya juga memberikan harga yang murah. Selain itu, mudah ditemukan di warung-warung pinggiran.

  1. Cari Oleh-oleh yang Murah dan Ringan Saat Dibawa

Saat berpergian kemanapun, tentunya cinderamata adalah sesuatu yang harus dibawa pulang sebagai kenang-kenangan, akan tetapi harga dan ukuran harus menjadi pertimbangan. Untuk mendapatkan cinderamata yang murah sebaiknya kita mengunjungi langsung perajinnya atau kita bisa membelinya di pedagang-pedagang oleh-oleh yang banyak kita dapatkan di objek wisata yang kita kunjungi.

 Dengan tips di atas, liburan bisa lebih hemat dan Semoga rencana liburan anda sesuai dengan apa yang direncanakan. Salam Pesona Indonesia. (Al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *