Didukung BPPD Lotim, Rinjani Expedition Team Gelar Clean Up di Tereng Wilis

Lombok Timur – Problematika sampah kian menjadi Pekerjaan Rumah (PR) besar bagi pemerintah dan masyarakat. Apalagi perkembangan sektor pariwisata yang terus menggeliat dewasa ini. Tentu ini akan berdampak besar juga pada meningkatnya volume sampah di setiap destinasi wisata.

Oleh karena itu dibutuhkan kerja kolaborasi, sinergitas dan edukasi untuk meminimalisir permasalahan di atas. Pemerintah, tentu tidak bisa berjalan sendiri tanpa pelibatan multipihak di dalamnya. Seperti salah satu program Pemerintah Provinsi yaitu Zero Waste yang masih terkesan kurang maksimal pada tataran sosialisasi hingga aksi.

Melihat permasalahan di atas, sejumlah komunitas pecinta alam yang dikomandoi Mirzoan Ilhamdi berinisisi menggelar clean up di sejumlah tempat wisata di Pulau Lombok. Untuk lokasi pertama dimulai dari kawasan wisata Camping Ground Tereng Wilis, Desa Perian Kecamatan Montong Gading.

“Kegiatan Camping dan Clean Up 2021 yang pertama di Tereng Wilis ini kita harapkan akan menjadi awal semangat kebangkitan teman-teman untuk terus melakukan clean up di setiap destinasi wisata. Termasuk nanti di pantai-pantai di Pulau Lombok,” harap Mirzoan Ilhamdi kepada wartawan massmedia di lokasi acara.

Ia juga berharap, acara seperti ini akan terus berlanjut dan digaungkan sebagai bentuk edukasi kepada generasi penerus dan masyarakat untuk lebih peduli akan sampah dan alam sekitar.

Acara dengan tema “Camping Ground and Clean Up” yang digelar dari tanggal 29 hingga 30 Mei 2021 ini dihadiri sejumlah pecinta alam dari berbagai komunitas dan para pelaku wisata. Selain Camping dan Clean up, momentum ini juga sebagai ajang untuk silaturahmi, keakraban, diskusi dan edukasi.

Saat disinggung terkait dukungan untuk kegiatan ini, Laki-laki yang akrab disapa Ming ini mengakui bahwa ada dukungan dari BPPD Lombok Timur, serta ada dari swadaya juga. “Alhamdulillah untuk kegiatan kali ini,  kita disupport oleh BPPD Lombok Timur dan keterlibatan penuh teman-teman APGI,” tutup Ketua APGI NTB ini.

Sementara itu, Jumaidi salah satu pengelola yang juga ketua Pokdarwis Tereng Wilis sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Saya rasa kegiatan ini sangat bagus untuk terus menumbuh kembangkan semangat untuk berwisata dan menjaga alam yang kita punya ini,” terang Edy panggilan akrabnya.

Lanjut Edy, Clean Up ini adalah bagian dari ikhtiar kita untuk mewujudkan program Zero Waste yang merupakan program dari Pemerintah Provinsi. “Semoga ke depannya acara seperti ini akan terus dilakukan, jadi tidak hanya di Tereng Wilis, tapi juga tempat-tempat lain sebagai bentuk ikhtiar kita mendukung program Zero Waste,” tutup Pemilik Tereng Wilis HomeStay ini penuh semangat. (Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *