Asosiasi Pokdarwis Lotim: Sinergi Sangat Penting untuk Bangun Pariwisata

massmedia.id, Lombok Timur – Berlokasi di OASI Cafe Masbagik Utara, Asosiasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lombok Timur menggelar silaturahmi yang dirangkai dengan temu kangen, buka bersama dan diskusi, Senin (10/5).

Acara ini dihadiri puluhan perwakilan Pokdarwis se-Lombok Timur, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lotim, Akademisi Universitas Hamzanwadi dan Penggiat Pariwisata.

Kepada massmedia, Ketua Asosiasi Pokdarwis Lombok Timur, Royal Sembahulun, mengungkapkan pentingnya sinergitas antara praktisi, pelaku dan pemerintah dalam membangun pariwisata.

“Harapan kita dari dulu sampai sekarang bagaimana agar terbangun sinergi. Karena selama ini ada beberapa perbedaan antara praktisi, pelaku dan pemerintah,” ungkap Royal kepada awak media ini.

Ia juga berharap kepada pemerintah, dalam hal ini Dinas Pariwisata Lombok Timur selaku leading sector harus ada perencanaan yang matang dan jelas dalam membangun pariwisata di Lombok Timur. “Tidak mungkin sesuatau ini akan berkembang jika tidak ada perencanaan yang jelas,” imbuhnya.

Melalui forum ini, ke depan akan terus mendorong dan mengawal pemerintah supaya punya produk perencanaan yang jelas dalam membangun pariwisata di Lombok Timur.

Selain itu Royal juga berharap baik dari pemerintah pusat hingga daerah bisa memberikan support penuh kepada Pokdarwis selaku mitra dan garda terdepan dalam mengembangkan pariwisata dari akar rumput.

“Yang kita harapkan di sini Dinas Pariwisata selaku ayah dari Pokdarwis ini harus mensupport penuh, karena mereka adalah garda terdepan dalam membangun pariwisata,” tutup pendiri SCDC ini.

Sementara itu Ketua BPPD Lombok Timur, Ahmad Roji mengungkapkan bahwa Pariwisata Lombok Timur lebih unggul dibandingkan daerah-daerah lain. Hanya saja imbas dari Mandalika yang membuat beberapa daerah menjadi lebih diuntungkan.

“Kita ini sudah sangat maju dari banyak sisi dan lebih unggul, hanya saja mungkin kita belum menemukan format atau formulasi yang kira-kira membumi dan mendunia,” tandas pria yang akrab disapa Oji ini.

Ia berharap forum-forum diskusi terus intens untuk dilaksanakan sehingga akan memunculkan ide dan gagasan baru dalam mengembangakan pariwisata.

“Karena kita ini kalau berkumpul kan banyak ide dan gagasan. Banyak yang bisa memikirkan gerakan-gerakan sehingga apa yang menjadi harapan kita bisa terwujud,” pungkas owner rumah makan Lumbung Ta ini. (Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *